PPKS di Depok Terbantu dengan Pelatihan Keterampilan dari Dinsos

berita.depok.go.id – Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) menyambut baik pelatihan keterampilan yang diberikan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok. Salah satunya disampaikan oleh Devi (52) yang merupakan warga Pancoran Mas.

Menurutnya, pelatihan keterampilan yang diberikan Dinsos sangat dibutuhkan oleh PPKS. Melalui pelatihan, dirinya bisa mencari nafkah dengan keterampilan dasar menjahit.

“Alhamdulillah saya bisa diberikan pelatihan menjahit oleh Dinsos. Mulai dari dasar menjahit hingga sampai membuat celemek maupun masker. Ini sangat berguna buat saya untuk mulai berusaha,” ujarnya kepada berita.depok.go.id, Senin (19/04/21).

Senada dengan Devi, warga Cagar Alam RW 05, Sari (35) menuturkan, pelatihan menjahit yang diberikan Dinsos sangat bermanfaat. Sebab, dapat menjadi bekal untuk bertahan hidup dalam mencari rezeki.

“Saya terkena dampak pandemi sudah tidak bisa bekerja. Tapi saya bisa mengikuti pelatihan ini, diberikan materi secara gratis dan pembelajaran yang mudah dimengerti,” ungkapnya. 

Untuk diketahui, belum lama ini, Dinsos memberikan pelatihan keterampilan kepada tiga jenis Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang ada di Kota Depok. PPKS tersebut di antaranya Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE), Lanjut Usia (Lansia) dan Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA). 

Kepala Bidang Rehabiltasi Sosial, Dinsos kota Depok, Nita Ita Hernita mengatakan, pelatihan keterampilan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Setiap jenis PPKS dibatasi jumlah peserta yaitu 25 orang dan wajib menggunakan masker.

“Total PPKS ada 75. Mudah-mudahan pelatihan ini dapat berguna untuk kedepan hidup para PPKS,” tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)

Leave a Reply