Tagana Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Akibat La Nina

Dinsos Depok saat mengikuti upacara kesiapan bencana belum lama Ini. (Istimewa)

berita.depok.go.id-Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Depok terus meningkatkan kesiapsiagaan dalam melakukan penyelamatan dan pemberian bantuan jika terjadi bencana. Termasuk dalam menghadapi potensi bencana akibat meningkatnya curah hujan di akhir 2020 hingga awal 2021 dampak fenomena La Nina.

Ketua Tagana Kota Depok Ahmad Supandi mengatakan, pihaknya belum lama ini melakukan evaluasi serta latihan untuk mengantisipasi bencana. tujuannya juga agar keterampilan personel Tagana Depok semakin bertambah.

“Sebagai salah satu sarana dan prasarana dari Dinas Sosial (Dinsos), Tagana akan terus bersiap. Mulai dari membantu melakukan penyelamatan hingga menyediakan dapur umum jika terjadi bencana. Kami terus melatih skill serta mengevaluasi diri agar dapat membantu masyarakat,” katanya kepada berita.depok.go.id, Kamis (19/11/20).

Ahmad menuturkan, walaupun sudah terbentuk bidang penanggulangan bencana di Kota Depok, namun Tagana akan tetap menjadi pelengkapnya. Untuk itu, Tagana Depok selalu siap jika bencana yang terjadi berskala besar.

“Iya, karena semua elemen harus bergerak. Maka dengan itu kami semakin kompak,” ujarnya.

Lebih lanjut, ucapnya, Tagana juga melakukan latihan penyelamatan bersama dengan masyarakat di Situ Cilodong pada (15/11) kemarin. Pada kegiatan tersebut, sambungnya, Tagana menjadi instruktur tentang pengenalan alat penyelamatan.

“Kami ingin warga bisa menjadi relawan. Mereka bisa memiliki keterampilan dan pengetahuan seputar langkah-langkah yang harus ditempuh jika terjadi bencana,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Perlindungan Korban Bencana Alam dan Sosial, Dinsos Depok, Nur Haryati menuturkan, evaluasi terhadap Tagana sudah menjadi arahan dari Kementerian Sosial. Sebab, hal itu menjadi arahan dalam mempersiapkan dampak bencana La Nina.

“Evaluasi serta latihan juga merupakan hal rutin yang harus dilakukan agar Tagana benar-benar siap. Karena, kami ingin Tagana tetap kompak dan semangat dalam menghadapi bencana di Kota Depok,” tutupnya. (JD 03/ED02/EUD02)

Sumber :

Sumber :  https://berita.depok.go.id/pemerintahan/tagana-tingkatkan-kesiapsiagaan-hadapi-bencana-akibat-la-nina-4794

Leave a Reply