Portal OPD Kota Depok

  • -
  • -
Blog Detail Image

Akhir Desember, Ribuan Warga Prasejahtera di Depok Akan Terima Bansos Pangan KDS

FGD Dinsos Kota Depok dengan PD terkait dalam penyusunan Juknis Bansos Pangan penerima manfaat KDS.  (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok menyebut kurang lebih 3.000 warga prasejahtera mendapatkan bantuan sosial (bansos) pangan pada akhir tahun ini. Bansos pangan tersebut merupakan salah satu dari tujuh manfaat penerima Kartu Depok Sejahtera (KDS).

Kepala Dinsos Kota Depok Asloe'ah Madjri mengatakan, pihak Dinsos saat ini sedang proses penyusunan petunjuk teknis (juknis) bansos tersebut. Hal itu karena bansos pangan akan disalurkan ke warga prasejahtera pada akhir tahun ini.

“Bansos pangan ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Depok. Dalam penyalurannya harus dikelola secara benar dengan aturan, sehingga nantinya tepat sasaran," ujarnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (16/11/21).

Dikatakannya, penerima manfaat ini berasal dari  Data Terpadu Kesejahteran Sosial (DTKS). Namun hanya untuk yang belum mendapatkan bansos dari pemerintah pusat dan provinsi. 

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Kota Depok, Tri Redjeki Handayani menambahkan, bansos pangan KDS ini hampir sama beperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Sejumlah dana akan disiapkan,untuk dibelanjakan kebutuhan pokok.

“Desember 2021 akan segera direalisasikan. Saat ini tahapanya sedang merancang juknis, acuan pelaksanaan hingga evaluasi. Harapan kami dapat berjalan lancar agar tujuan dalam penanggulangan kemisikinan dapat terwujud,” tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)

Inovasi Agenda Layanan Kontak Penting