Portal OPD Kota Depok

Blog Detail Image

SISTEM LAYANAN DAN RUJUKAN TERPADU (SLRT)

STANDAR PELAYANAN PUBLIK
SISTEM LAYANAN DAN RUJUKAN TERPADU (SLRT)

PENGERTIAN
SLRT adalah sistem layanan yang membantu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan miskin serta menghubungkan mereka dengan program-program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang diselenggarakan pemerintah, baik pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota sesuai dengan kebutuhan mereka. SLRT juga membantu mengindentifikasi keluhan masyarakat miskin dan rentan miskin, melakukan rujukan, dan memantau penanganan keluhan untuk memastikan bahwa keluhan-keluhan tersebut ditangani dengan baik. (sumber: https://kemensos.go.id)

A. PERSYARATAN 
Bantuan Sosial Kesehatan:
  1. Fotocopy KTP dan KK;
  2. Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan;
  3. Surat Rujukan dari Puskesmas/Surat Keterangan Rawat Inap dari RSUD Depok;
  4. Fotocopy KIA untuk Ibu yang melahirkan.
Bantuan Sosial Pendidikan:
  1. Fotocopy KTP dan KK;
Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT):
  1. Fotocopy KTP dan KK;
  2. Kartu KKS.
B. SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR
  1. Warga atau pemohon menyampaikan permohonanan atau pengaduan tentang bantuan sosial (Pendidikan, Kesehatan, dan BPNT) melalui Fasilitator/Koordinator Kelurahan (Petugas SLRT);
  2. Petugas SLRT melakukan registrasi permohonan sesuai permohonanan atau pengaduan tentang bantuan sosial dari pemohon yang telah diterima;
  3. Petugas SLRT memeriksa data pemohon dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Apabila data warga telah masuk didalam DTKS, maka akan ditindaklanjuti oleh petugas dinsos, sedangan apabila data pemohon belum masuk didalam DTKS, maka akan dilakukan survei (Home Visit) oleh petugas SLRT;
  4. Petugas SLRT melakukan survei untuk melakukan verifikasi dan validasi data kelayakan, sebagai dasar pemohon layak menerima bantuan atau tidak layak. Selanjutnya hasil survei disampaikan ke petugas dinsos;
  5. Petugas dinsos membuat konsep surat rekomendasi berdasarkan hasil survei yang telah diterima, selanjutnya disampaikan ke koordinator;
  6. Koordinator memeriksa konsep surat rekomendasi, memberi paraf dan meneruskan ke Kepala Bidang (apabila terdapat kekeliruan, maka akan dikembalikan ke petugas dinsos);
  7. Kepala Bidang menetapkan layanan dan menandatangani Surat Rekomendasi yang selanjutnya diserahkan ke petugas dinsos;
  8. Petugas dinsos menyerahkan Surat Rekomendasi kepada pemohon serta menyimpan rangkap lainnya sebagai arsip;
  9. Pemohon menerima Surat Rekomendasi dan melanjutkan ke Penyedia Layanan (perangkat daerah terkait pada Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Dinas Sosial).
C. JANGKA WAKTU PELAYANAN
5 hari kerja (selama pejabat yang berwenang berada di tempat)

D. BIAYA/TARIF
Tidak dipungut biaya

E. PRODUK PELAYANAN
Surat Rekomendasi

F. PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN/APRESIASI
Pengaduan, saran dan masukan dapat disampaikan melalui media sebagai berikut:
Email : dinsos@depok.go.id
Telp : (021) 29402264
WhatsApp :  0819-0513-3188
Atau melalui :
  1. 112
  2. SIGAP
  3. SPAN Lapor
Layanan Agenda Inovasi Kontak Penting